Jumat, 18 Maret 2011

Sisi Utara Danau Toba

Danau Toba. Pernahkah anda datang berkunjung ke danau terbesar di Asia Tenggara ini? Jika pernah, maka anda termasuk orang-orang beruntung. Namun tak banyak yang tahu bahwa keindahan danau ini bukan hanya dapat anda nikmati lewat sisi timurnya saja (lewat Parapat, Kab. Simalungun). Ada sisi selatan (melalui Kota Balige), sisi barat (di daerah Silalahi), dan tak lupa sisi utara (daerah Tongging).

Saya hendak bercerita bagaimana keindahan Danau Toba melalui sisi utaranya, keunggulan sisi utara adalah alamnya yang asri dan tentunya sang pesohor utama yakni air terjun Sipiso-piso. Saya kedapatan mengantarkan seorang kawan yang datang dari Jakarta untuk jalan-jalan ke Brastagi saja pada awalnya pada 23 Februari lalu. Sesampainya di Brastagi, kawan tersebut sedikit kecewa dengan apa yang ia bayangkan tentang Brastagi. Tanpa pikir panjang saya menawari untuk ke pergi ke air terjun Sipiso-piso. Perjalanan dari Medan menuju Sipiso-piso di daerah Tongging ini hanya memakan waktu empat jam saja dengan pemandangan yang cukup indah dari mulai Sibolangit, Panetapan, dan Brastagi. Jujur inipun perjalanan pertama saya ke air terjun Sipiso-piso, sebelumnya saya sempat melewati saja dan tidak mampir ke sana karena harus berangkat tugas ke Aceh Selatan. Jadi boleh dibilang perjalanan kali ini aji mumpung, dan kebetulan senjata saya -yakni Canon G10- juga ikut saya bawa. Jadi sekarang saya biarkan foto yang bercerita dan semoga berkenan di mata dan hati anda.


Sambutan indah di sore yang sedikit mendung


Air terjun Sipiso-piso

Sedikit catatan, ada sekitar 2000 anak tangga yang harus anda lalui jika anda berniat untuk melihat keindahan air terjun ini dari bawah. Perjalanan hingga ke bawah ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dan untuk naiknya sekitar 1 hingga 1,5 jam. Saya ketika hendak turun ke bawah terjebak hujan sehingga memutuskan untuk berhenti tepat di tengah-tengah saja yang mana terdapat gazebo untuk beristirahat.

Setelah terjebak hujan sekitar 45 menit dan tidak memungkinkan lagi untuk melanjutkan perjalanan ke bawah, selain faktor licin dan hari mulai sore, kami memutuskan melanjutkan perjalanan mencari bandrek susu di pinggir Danau Toba. Dari air terjun Sipiso-piso menuju daerah Tongging yang ada di bawah, hanya membutuhkan waktu 10 menit saja dengan mobil, tapi beuh keindahan alamnya tidak bisa anda beli bung! Indah, sungguh indah, dan begitu indah! Saya hanya mampu memfotonya dalam pikiran ini saja, sumpah saya terperangah melihat jalan berliku yang mobil kami tempuh tampak dari atas ketika kami hendak turun dan berbaur dengan keindahan yang telah disusun Tuhan. Sesampainya di Tonggin, kami mencari warung bandrek. Kami memilih satu warung yang menggunakan nama Jawa sebagai tempat melepas lelah, tampak beberapa orang warga sedang memancing ikan di pinggir Toba. beberapa anak di kejauhan sedan bermain bola dan yang lainnya berenang di sis keramba ikan Kamera pun kembali beraksi, untuk mengabadikan sang pemancing saja karena kamera saya tidak mampu menangkap yang lainnya.



sampaikan pada dunia, salam dari Indonesia!


Tidak ada komentar: